Friday 27 April 2012

Untung tapi Tidak Ada Uang Kas

Sebuah perusahaan mungkin saja memperoleh laba tapi tidak ada penambahan saldo kas. Ini dikarenakan laba/rugi perusahaan dihitung berdasarkan pendapatan (revenue) dan biaya (expenses) bukan berdasarkan penerimaan (receipts) dan pengeluaran (payment). Dengan kata lain ada perbedaan antara pendapatan dan penerimaan juga antara biaya dan pengeluaran.

Sebagai ilustrasi, kita asumsikan sebuah perusahaan menggunakan metode akrual dalam pencatatan akuntansinya. Perusahaan menyediakan jasa sebesar $10,000 kepada kliennya pada bulan pertama, dan menerima pembayaran 30 hari setelah penyerahan jasa tersebut.  Perusahaan akan mencatatkan pendapatan sebesar $10,000 pada bulan pertama namun kas baru akan diterima pada bulan kedua.  Jika biaya perusahaan adalah sebesar $7,000 pada bulan tersebut maka perusahaan akan mencatatkan laba sebesar $3,000 walaupun tidak ada penerimaan kas dari kliennya.

Ilustrasi lain, sebuah perusahaan mencatatkan laba sebesar $60,000 pada tahun pertamanya dan selama tahun tersebut mengeluarkan uang sebesar $65,000 untuk membeli peralatan yang baru dapat digunakan pada permulaan tahun kedua.  Perusahaan tersebut akan mencatatkan laba tapi tidak memiliki uang kas.

Contoh lainnya yaitu ketika perusahaan telah melakukan pembayaran namun tidak mengurangi laba pada tahun tersebut (tidak dicatat sebagai biaya). Pembayaran tersebut termasuk pembayaran untuk asuransi, pembayaran untuk pembelian inventori, dan pembayaran untuk mengurangi hutang dagang.

sumber : accountingcoach.com


No comments:

Post a Comment